NASI GORENG KAMPUNG | OYEK

Posted By andreas kuswardhana on Minggu, 05 Maret 2017 | 23.31

Nasi goreng kampung kali ini berbahan dasar oyek, oyek sama tiwul itu ada bedanya, perbedaannya adalah proses pembuatannya dan warnanya, walaupun sama-sama dibuat dari tepung singkong yang jelas dua-duanya sama enaknya untuk dibuat nasi goreng. Kalau ngomongin menu yang satu ini, liur tak terasa menetes dari bibir. Yo ora? lha kan malah mengucur tuh liurnya.

NASI GORENG KAMPUNG | OYEK


Mari ibu-ibu kita langsung saja membuatnya, bahannya kita beli dipasar tradisional biar mudah mendapatkannya, masalah harga hampir sama bahkan ada yang sama dengan beras, yang jelas kalau dibandingkan dengan beras bulog atau raskin justru harganya lebih tinggian oyek, namun oyek kalah dengan tiwul. Kita langsung saja ibu-ibu, kalau dibahas bisa sampai berjam-jam, mendingan kita langsung saja membuatnya. Bahan-bahan yang harus kita siapkan termasuk bumbunya antara lain :

o 2 gelas oyek
o Nasi putih satu piring
o 6 siung brambang/ bawang merah
o 4 siung besar bawang putih
o Garam secukupnya
o Minyak goreng secukupnya
o Penyedap rasa terserah mau pakai msg atau bubuk kaldu ayam atau sapi yang banyak dijual diwarung, sebagai saran saja sebaiknya pakai penyedap rasa yang terbuat dari nabati yang dapat anda beli di supermarket, kaldu ini terbuat dari kaldu jamur.
o 1 butir telur
o Kecap manis sesuai selera

Cara membuat nasi goreng kampung yang berbahan oyek

o Cuci oyek sampai bersih lalu dikukus sampai matang
o Campur nasi putih dengan oyek dan aduk sampai rata
o Kocok telur dan goreng lalu iris tipi-tipis
o Haluskan semua bumbu lalu tumis, kira-kira sudah matang bumbunya masukkan irisan telur (atau jika telur masih mentah masukkan setelah bumbu setengah matang dan aduk rata), penyedap rasa dan kecap agar kecap berbau dan berasa lebih sedap, aduk sampai merata dan langkah terakhir masukkan nasi oyeknya aduk sampai tercampur rata dan biarkan sebentar sembari diaduk supaya nasi goreng oyek ikut matang karena di goreng.
o Angkat lalu hidangkan
Blog, Updated at: 23.31

0 komentar:

Posting Komentar